Minggu, 03 Maret 2013

-"READING"

Dari kecil aku emang udah nggak suka baca buku. Paling juga sukanya cuman baca komik sama majalah. Itupun musiman. Aku emang jarang banget tertarik sama buku yang isinya cuman tulisaaan mulu. Menurutku, buku yang bergambar itu lebih menarik dan nggak ngebosenin. Emang, kata temen-temen di sekitar, justru buku kalo nggak ada gambarnya itu kita lebih bisa berimajinasi, ndah. Soo kalian mikir gitu sedangkan aku enggak.

Dari kecil Ayah juga selalu ngingetin buat biasain baca buku mulai sekarang. Sampe aku gede segini juga ngomongnya mulai sekarang, hahaha. Ntah kenapa baca buku itu selalu buat aku ngantuk. Tapi nggak semua buku ding, kalo bukunya lucu-lucu kayak bukunya Raditya Dika sejenisnya sih suka. Walopun buat namatin 1 buku = orang lain namatin 3 buku. Dari dulu aku juga selalu kepikiran, kalo sampe tua aku gak suka baca buku, mau dapet wawasan luas darimane ya..

Sampai suatu ketika hari itu datang. Jeng jeng. Guruku, guru Bahasa Indonesia, nyuruh murid-muridnya buat baca buku non fiksi dan disuruh ngerangkum. Dalem hati "setdah pasti banyak banget duh udah searchng aja di internet atau minta tolong temen buat bacain ringkasan buku mereka". Tapi begitu liat antusias temen-temen buat baca buku beneran dan ngerangkum beneran, aku jadi pengen ikutan baca buku. Tapi buku siapa? Di perpus bukunya mah itu itu aja, mau buku sendiri juga gak punya. Suatu ketika, temanku nyolek "ndah, aku punya buku baru lho tentang kreatif gitu, mau pinjem gak?" Spontanitas langsung jawab gak ah feb (nama temenku) hehe makasih. Dia gak nyerah, dia tetep nawarin ke aku. Aku juga gak nyerah buat nolak, tapi dalem hati apa salahnya ya kalo nyoba buat baca buku lagi.. Udah beapa taun au gak baca buku (fiksi/nonfiksi) beneran. 

Alhasil aku pinjem lah buku itu, masih rapih. Masih plastikan gitu. Baunya.. huuum bau buku baru. Buka deh halaman pertama. Lanjut terus sampe wah bukunya banyak gambarnya ya alhamdulillah biar gak bosen. Baca deh itu buku sampe akhirnya selesai baca dalam waktu 1 minggu. Mungkin kalo orang normal suka baca, udah selesai dari kemaren-kemaren. 

Judulnya " SILA KE-6: KREATIF SAMPAI MATI!"
by Wahyu Aditya

 
 To the point, intinya isi buku ini itu nyeritain tentang kisah hidup di penulis a.k.a Wahyu Aditya dalam kisah inspiratifnya. Dari kisah-kisahnya itu, dia bisa ngasih kita cara-cara menuju kekreatifitasan. Banyak sih, dan gak mungkin aku ceritain satu satu. Beli aja ;)

Satu hal yang tanpa aku sadari memang benar adanya adalah:
Dalam hidup itu, kita akan sulit menciptakan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kita bukan hidup di abad ke-1 yang pada saat itu mungkin kreatifitas masih belum banyak tercipta. Saat ini, kita sudah hidup di abad ke-20. Dimana sudah begitu banyak kreatifitas yang ada. Tinggal bagaimana kita membuat kreatifitas yang ada menjadi sesuatu yang berbeda. Tinggal bagaimana cara kita memanipuasinya saja :) Jadi, jangan pernah anggap orang-orang di luar sana "ah tiru-tiru" karena kreatifitas bukan cuman milik kalian. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar